Selasa, 15 Mei 2012

Electric Vehicle

STTNAS SPEEDER
Secara sederhana mobil listrik dapat didefinisikan mobil yang bersumber penggerak dari motor listrik dengan arus DC (Direct Current) bukan dari motor bakar. Mobil listrik dilengkapi dengan sebuah sistem kontroller yang berfungsi untuk mengatur dan menyuplai kebutuhan motor listrik sesuai dengan kebutuhan kapan akan melaju cepat, lambat maupun pada jalan yang menanjak. 

motor listrik mendapat energi dari arus yang tersimpan pada accu (accu dapat diisi ulang dengan menyambungkan accu ke perangkat charger) dengan pengaturan pedal oleh pengguna. 


Sudah sejak lama seluruh belahan dunia mengembangkan mobil listrik sebagai alat transportasi yang lebih ramah lingkungan yang walaupun limbah dari pembuatan accu juga mencemari lingkungan, tetapi setidaknya berusaha untuk meminimalisir pencemaran (katanya begitu hehe). 

Foto mobil listrik di atas merupakan sebuah karya dari mahasiswa mesin dari tim HIMPUNAN MAHASISWA TEKNIK MESIN (HMTM) Sekolah Tinggi Teknologi Nasional Yogyakarta. Mobil ini dibuat pada tahun 2010 dengan nama STTNAS SPEEDER, dengan spesifikasi :
  • Motor listrik DC                          500 watt                     
  • Baterai                                         48 volt
  • Panjang vehicle                            2500 mm
  • Lebar vehicle                               1000 mm
  • Tinggi vehicle                               1070 mm
  • Jarak antara tanah dan vehicle      100 mm
  • Berat vehicle                                 +- 200 kg
Mobil listrik dibuat untuk mengikuti ajang perlombaan mobil listrik tingkat nasional yang diselenggarakan oleh Universitas Gadjah Mada. Mobil ini di nobatkan sebagai mobil terberat karena bodi yang digunakan terbuat dari fiberglass, walaupun terberat tetapi tim mobil listrik sangat bersyukur karena dapat meraih juara III umum nasional. 
TIM STTNAS SPEEDER 
Salam Solidarity M forever

2 komentar:

Petualang Cnt mengatakan...

mas? ada daya listrik DC to mas? trus kalau AC itu Daya apa Arus?

samuel puji ariono mengatakan...

terima kasih sebelum gan, sudah berkunjung ke blog ini.

DC merupakan arus listrik yang berfrekuensi kecil sedangkan arus AC (alternating current) merupakan arus listrik yang berfrekuensi besar.