Rabu, 16 Mei 2012

Dump Truck


Dump Truck adalah sebuah truck yang mempunyai bak material yang dapat dimiringkan sehingga untuk menurunkan material hanya dengan memiringkan bak meterialnya sehingga muatannya akan dapat meluncur kebawah. Untuk memiringkan bak digunakan oleh pompa hidrolis.
Dump Truck
Sebagai alat pengangkut, dump truck banyak kegunaannya antara lain untuk mengangkut tanah, pasir, batu kerikil, sampah dan yang lainnya dalam hal ini tidak terlalu memerlukan kehati-hatian dalam pengangkatan maupun penurunan sehingga jika terjadi benturan atau gesekan material tidak menjadi masalah (muatan curah/Balles load).
Bila digunakan untuk mengangkat unit atau kemasan seperti baja profil, batangan kayu, peti kemas, dan lain sebagainya (muatan/unit) diperlukan kehati-hatian dalam pengangkatan dan penurunannya.
Truck adalah kendaraan khusus alat angkut karena kemampuan untuk bergerak cepat, kapasitas besar dan biaya operasional relative murah. Jenis truck ada yang beroperasi di jalan umum dengan tanjakan tidak terlalu besar (on road) dan ada yang tidak dapat beroperasi di jalan umum (off road) yang disebabkan oleh besarnya kapasitas angkut. Jenis daripada truck off road hanya digunakan pada proyek besar atau di daerah lokasi tertentu saja.

Klasifikasi Dump Truck
Untuk klasifikasi Dump Truck dapat dibedakan menurut :
a.   Ukuran dan jenis bahan bakar
b.   Jumlah kecepatan (versenelling)
c.   Metode penurunan muatan (belakang/samping)
d.   Jumlah roda dengan gandar serta susunan roda gerak
e.   Jenis muatan yang diangkut ( pasir, tanah, batu, dan sebagainya)
f.    Kapasitas muatan (dalam Ton atau m3)


Pemilihan Ukuran Dump Truck
Pada prinsipnya dalam pemilihan ukuran Dump Truck harus sesuai dengan alat pemuat yang akan digunakan untuk menghindari terjadinya alat-alat lain tidak bekerja. Faktor-faktor yang menentukan dalam pemilihan Dump Truck adalah :
a.   Biaya pemilikan dan pengoperasiannya
b.   Kondisi medan
c.   Waktu pengoperasian : pemuatan (loading), handling time ( waktu angkut), dumping (pengosongan) dan retuning ( waktu kembalian)
d.   Kapasitas alal-alat pemuat ( Exavator, Loader, atau tenaga manusia)
e.   Biasanya untuk kapasitas angkut 5-15 ton (on road) dan yang mencapai 235 ton (off road)
Dengan membedakan arah muatan yang ditumpahkan, Dump Truck dibedakan dalam tiga macam yaitu :
1.   Rear Dump Truck, yang membuang muatan kebelakang
2.   Side Dump Truck, membuang muatan kesamping
3.   Bottom Dump Truck, membuang muatan kebawah
Prinsip Kerja Dump Truck
Prinsip kerja Dump Truck dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu :
1.   Gerakan Travelling Atau Gerakan Jalan
Gerakan travelling atau gerakan jalan disini yang dimaksud adalah gerakan dari Dump Truck untuk berjalan mengangkat muatan dari suatu tempat menuju ke tempat lain untuk memindahkan muatan atau menumpahkan muatan tersebut. Gerakan berjalan dari Dump Truck tersebut dimulai dari suatu sumber tenaga yang dinamakan mesin penggerak yang mana dari mesin penggerak tersebut memutar poros penggerak, dari poros ini melalui kopling dan menggerakan transmisi roda gigi yang diatur oleh handle gigi. Transmisi ini memutar roda-roda Dump truck untuk berjalan memindahkan muatan dari suatu tempat menuju tempat lain yang dikehendaki melalui poros propeller dan gigi deferensial.

2.   Gerakan Dumping Atau Menumpahkan Muatan
Gerakan dumping atau menumpahkan muatan dengan memiringkan bak muatan dengan kemiringan tertentu makan muatan akan meluncur ke bawah. Untuk memiringkan muatan tersebut digunakan sistem hidrolis dimana daya yang didapatkan dari mesin penggerak diteruskan ke mekanisme roda gila untuk menggerakan pompa hidrolik. Pompa hidrolik ini akan mendorong atau mengalirkan fluida menuju ke katup pengontrol dimana dalam katup pengontrol ini aliran fluida akan diatur tekanan minyak oli yang masuk ke dalam silinder hidrolik. Tekanan minyak yang telah di atur oleh katup pengontrol akan mendorong silinder hidrolik untuk menumpahkan muatan yang ada di dalam bak material.


Bagian-Bagian Utama Dump Truck
Bagian-bagian utama dari Dump Truck terdiri atas :
1.   Chasis
Chasis adalah salah satu penting dalam mobil, karena pada rangka ini dipasang hampir seluruh bagian mesin yang penting. Bagian-bagian yang penting itu antara lain Frame, suspense, mesin radiator dan lain-lain.
2.   Kabin
Kabin adalah tempat/ruangan untuk mengemudi, dimana didalam kabin terdapat setir, handle rem, handle gas, handle kopling serta handle gigi dan lain-lain.
3.   Bodi
Bodi adalah bagian badan mobil untuk bak muatan beserta isi muatan
4.   Power Train
Power train adalah suatu sistem yang menghasilkan tenaga/daya mesin. Sistem tersebut terdiri dari engine, clutch, transmisi, poros propeller, differensial gear, axle dan roda.                                                       

Tidak ada komentar: