Dump Truck
adalah sebuah truck yang mempunyai bak material yang dapat dimiringkan sehingga
untuk menurunkan material hanya dengan memiringkan bak meterialnya sehingga muatannya akan dapat meluncur kebawah. Untuk
memiringkan bak digunakan oleh pompa hidrolis.
Sebagai alat pengangkut, dump truck banyak
kegunaannya antara lain untuk mengangkut tanah, pasir, batu kerikil, sampah dan
yang lainnya dalam hal ini tidak terlalu memerlukan kehati-hatian dalam
pengangkatan maupun penurunan sehingga jika terjadi benturan atau gesekan
material tidak menjadi masalah (muatan curah/Balles load).
Bila digunakan untuk mengangkat unit atau kemasan seperti baja profil, batangan kayu, peti kemas, dan lain sebagainya (muatan/unit) diperlukan kehati-hatian dalam pengangkatan dan penurunannya.
Bila digunakan untuk mengangkat unit atau kemasan seperti baja profil, batangan kayu, peti kemas, dan lain sebagainya (muatan/unit) diperlukan kehati-hatian dalam pengangkatan dan penurunannya.
Truck adalah kendaraan khusus alat angkut karena
kemampuan untuk bergerak cepat, kapasitas besar dan biaya operasional relative
murah. Jenis truck ada yang beroperasi di jalan umum dengan tanjakan tidak
terlalu besar (on road) dan ada yang tidak dapat beroperasi di jalan umum
(off road) yang disebabkan oleh besarnya kapasitas angkut. Jenis
daripada truck off road hanya digunakan pada proyek besar atau di daerah
lokasi tertentu saja.
Klasifikasi Dump Truck
Untuk klasifikasi Dump Truck dapat
dibedakan menurut :
a. Ukuran dan jenis bahan bakar
b. Jumlah kecepatan (versenelling)
c. Metode penurunan muatan (belakang/samping)
d. Jumlah roda dengan gandar serta susunan roda
gerak
e. Jenis muatan yang diangkut ( pasir, tanah,
batu, dan sebagainya)
f. Kapasitas muatan (dalam Ton atau m3)
Pemilihan Ukuran Dump Truck
Pemilihan Ukuran Dump Truck
Pada prinsipnya dalam pemilihan ukuran
Dump Truck harus sesuai dengan alat pemuat yang akan digunakan untuk
menghindari terjadinya alat-alat lain tidak bekerja. Faktor-faktor yang menentukan
dalam pemilihan Dump Truck adalah :
a. Biaya pemilikan dan pengoperasiannya
b. Kondisi medan
c. Waktu pengoperasian : pemuatan (loading),
handling time ( waktu angkut), dumping (pengosongan) dan retuning
( waktu kembalian)
d. Kapasitas alal-alat pemuat ( Exavator, Loader, atau tenaga manusia)
e. Biasanya untuk kapasitas angkut 5-15 ton (on
road) dan yang mencapai 235 ton (off road)
Dengan
membedakan arah muatan yang ditumpahkan, Dump Truck dibedakan dalam tiga macam
yaitu :
1. Rear Dump Truck, yang
membuang muatan kebelakang
2. Side Dump Truck, membuang
muatan kesamping
3. Bottom Dump Truck, membuang
muatan kebawah
Prinsip Kerja Dump Truck
Prinsip kerja Dump Truck dapat dibagi
menjadi dua bagian yaitu :
1. Gerakan Travelling
Atau Gerakan Jalan
Gerakan travelling
atau gerakan jalan disini yang dimaksud adalah gerakan dari Dump Truck untuk
berjalan mengangkat muatan dari suatu tempat menuju ke tempat lain untuk
memindahkan muatan atau menumpahkan muatan tersebut. Gerakan berjalan dari Dump
Truck tersebut dimulai dari suatu sumber tenaga yang dinamakan mesin penggerak
yang mana dari mesin penggerak tersebut memutar poros penggerak, dari poros ini
melalui kopling dan menggerakan transmisi roda gigi yang diatur oleh handle
gigi. Transmisi ini memutar roda-roda Dump truck untuk berjalan memindahkan
muatan dari suatu tempat menuju tempat lain yang dikehendaki melalui poros
propeller dan gigi deferensial.
2. Gerakan Dumping Atau Menumpahkan Muatan
Gerakan dumping atau menumpahkan muatan dengan
memiringkan bak muatan dengan kemiringan tertentu makan muatan akan meluncur ke
bawah. Untuk memiringkan muatan tersebut digunakan sistem hidrolis dimana daya
yang didapatkan dari mesin penggerak diteruskan ke mekanisme roda gila untuk
menggerakan pompa hidrolik. Pompa hidrolik ini akan mendorong atau mengalirkan
fluida menuju ke katup pengontrol dimana dalam katup pengontrol ini aliran
fluida akan diatur tekanan minyak oli yang masuk ke dalam silinder hidrolik.
Tekanan minyak yang telah di atur oleh katup pengontrol akan mendorong silinder
hidrolik untuk menumpahkan muatan yang ada di dalam bak material.
Bagian-Bagian Utama Dump Truck
Bagian-bagian utama dari Dump Truck
terdiri atas :
1. Chasis
Chasis adalah salah satu penting dalam
mobil, karena pada rangka ini dipasang hampir seluruh bagian mesin yang
penting. Bagian-bagian yang penting itu antara lain Frame, suspense, mesin
radiator dan lain-lain.
2. Kabin
Kabin adalah tempat/ruangan untuk
mengemudi, dimana didalam kabin terdapat setir, handle rem, handle gas, handle
kopling serta handle gigi dan lain-lain.
3. Bodi
Bodi adalah bagian badan mobil untuk bak
muatan beserta isi muatan
4. Power Train
Power train adalah suatu sistem yang
menghasilkan tenaga/daya mesin. Sistem tersebut terdiri dari engine, clutch, transmisi, poros propeller, differensial gear, axle dan roda.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar